Minggu, 19 Maret 2017

Apa itu band indie? Kata Indie berasal darai Kata Independet yang berarti berdiri sendiri, berjiwa bebas serta tidak tergantung pada siapapun. Buat kamu yang sudah lama terjun di dunia musik tentunya Kata Indie tidak asing lagi, akan tetapi bagi sebagian orang kata indie masih terdengar asing. Bahkan tidak sedikit pula yang sudah memiliki sebuah grup band pun da yang tidak mengetahui apa itu band indie.

Buat kamu yang bisa memainkan alat-alat musik seperti gitar, drum, dan bass tentu pernah berpikir tentang membuat sebuah grup band. Bagi temen-temen  yang hobi dan suka banget sama dunia musik, Memiliki sebuah band merupakan sebuah impian. Apalagi kalau sampai bandnya terkenal dan lagu-lagu karya sendiri dinyanyikan banyak orang. Sebelum membahas jauh tentang nge band, alangkah baiknya kamu mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia band indie. Karena banyak band-band besar yang terkenal yang justru mengawali debut berusiknya dari band indie.

Ada banyak pengertian tentang band indie, Namun Jika mengacu pada penjelaasan diatas kita bisa merangkumnya. Band indie bisa diartikan band yang berdiri sendiri yang tidak terikat dengan aturan dari lebel rekaman sehingga karya pada lagu-lagu band indi pun jadi tak terbatas dan biasanya memunculkan genre atau jenis aliran musik baru. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas satu persatu.

Pengertian Band Indie

Band indie merupakan sebuah band yang merekam sendiri karya lagu mereka serta memasarkannya langsung tanpa bantuan lebel rekaman atau mayor lebel. Tidak jarang band indie membuat label sendiri untuk merekam dan memasarkan karya-karyanya. Pemasaran mereka biasanya melalui komunitas atau media sosial. Band indie juga sering melakukan konser-konser kecil di kota-kota besar untuk mempromosikan lagu-lagu mereka. Band Indie sama sekali nggak melibatkan major label atau perusahaan rekaman ternama untuk mempopulerkan karya mereka.

Tidak hanya terpaku kepada jenis musik yang sudah ada, band indie biasanya menggabungkan beberapa genre musik menjadi aliran musik baru dengan menyisipkan beberapa instrumen diluar instrumen genre yang sudah ada. Biar kamu gak bingung kita berikan contoh salah satu band indie yaitu Pee Wee Gaskins, Salah satu band indie yang sukes dengan genre  pop punk dengan sentuhan synth.

Bagi sebagian musisi hal terpenting bagi sebuah band adalah kebebasan berkarya, yang mungkin tidak bisa didapatkan melalui jalur perusahaan rekaman besar. Meskipun pada kahinya kebanyakan band indie yang mengawali karir mereka sebagai band indie, yang kemudian bergabung dengan label rekaman besar. Kemudian hal ini akan menjadi dilema bagi band-band indie yang mulai banyak dikenal. Kepopuleran band indie tentu akan mendorong label rekaman besar untuk mengontraknya. Hal ini mungkin akan berdampak pada naiknya popularitas serta naiknya tingkat penjualan komersil band mereka. Namun di sisi lain karya karya musik mereka akan dibatasi dan tidak bisa bebas menghasilkan lagu lagu non-maistream yang biasa mereka hasilkan.

Itulah beberpa penjelasan tengang apa itu band indie, Dalam postingan berikutnya kita akan membahs lebih jauh tentang Sejarah Musik Band Indie.




Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar