Senin, 20 Maret 2017

BILLFOLD Merupakan sebuah band indie bergenre pop punk hardcore yang berasal dari Kota Bandung. Gania Alianda bersama Pam, Anga dan Ferin yang membuat sebuah project baru dengan membentuk Billfold pada tahun 2010. Dengan membuat suasana baru Billfold mencoba memadukan musik hardcore dengan beat punk. Hal tersebut dikarenakan para personil billfold sangat menyukai musik poppunk HC dri amerika seperti Four Years Strong, Set Your Goal, Daggermouth serta gelombang baru easycore amerika namun tetap mempertahankan set beat punks / hc lama seperti, h20,shelter hingga warzone. Band-band tersebutlah yang menginspirsi mereka.

Alunan musik yang mereka coba tampilkan dengan Hardcore atau pop punk ditambah dengan sentuhan suara merdu dari si cantik Gania Alianda menjadi warna tersendiri khas ban Billfold. Sebelum bergabung dengan Billfold Gania sempat bergabung dengan band lain yaitu Rosemarry yang dijalankan bersama sang kakak dengan mengeluarkan singlle lagu berjudul Supergirl. Dia lagu tersebut suara merdunya sang vokalis kurang terdengar karena suara lantang dengan nada dan lirik-lirik protes ala punk anak muda akan terdengar di setiap baitnya.

Diawal terbentuknya Billfold digawangi oleh empat orang yaitu Pam di drum, Gania di Vokal, Angga pada Gitar dan Ferris pada bass. Para personil Billfold bukalah orang baru mereka adalah wajah-wajah lama yang sebelumny sudah mempunyai grup band. Misalnya Pam pernah tergabung dengan sebuah band bernama Happy Hardcore. Sementara itu Angga sang gitaris juga merupakan gitaris dari band Asia Minor sementara Ferrin juga termsuk pernah bergabung dengan band bernama Strike First. 

Ditahun yang sama yaitu pada tahun 2010 tepatnya pada bulan desember Billfold resmi mengeluarkan single pertama yang berjudul “Destroyed Without Hesitation “. Setelah dikeluarkannya lagu tersebut sukses merebut perhatian para pendengar musik indie di Indonesia. Hal ini terbukti single pertama Billfold tercatat masuk dalam chart lagu-lagu band indie khususnya di Bandung. Lagu tersebut bercerita tentang seseorang yang ingin sekali membuktiakan bahwa sebenarnya dia mampu menghancurkan musuhnya tanpa rasa takut .

Setahun kemudian pada bulan Maret 2011 Billfold membuat mini album yang berisikan empat lagu. Lirik lagu dalam mini album tersebut yg menceritakan tentang keadaan alam, pertemanan, keadaan social yang terjadi di sekitar mereka dan sedikit nada protes tentang keadaan politik yang terjadi di pemerintahan negri ini. Mini album Billfold di rilis oleh record label mereka sendiri yaitu Yung Blood Music.

Di berbagai acara besar di Bandung seperti Bandung Berisik, Hellprint, Billfold selalu tampil dan menyajikan suguhan musik yang atraktif dan menarik. Hingga kini Billfold selalu hadir di berbagai acara besar diberbagai kota di Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar