Senin, 20 Maret 2017

Seperti yang telah di jelaskan dalam postingan sebelumnnya Band Indie merupakan band yang berarti berdiri sendiri, berjiwa bebas serta tidak tergantung pada siapapun. Jika kamu belum membacanya silahkan baca terlebih dahulu Apa Itu Band Indie sebelum melanjutkan membaca sejarah musik band indie.

Musik indie merupakan jenis musik yang “not even exist” yang artinya tidak ada. Kenapa dikatakan demikian, karena yang disebut musik indie itu untuk membedakan antara yang mainstream dengan indie. Jadi musik indie bisa dikatakan istilah untuk membedakan antara musik yang dimainkan oleh musisi profesional dengan musisi amatir. Musik indie merupakan musik independen yang artinya Karya yang dihasilkan para musisi tidak berasal dari mayor lebel atau lebel rekaman komersial. Oleh sebab itu jenis musik yang mereka hasilkan ini terbilang bebas serta tidak tergantung dengan musik yang biasa berdar di pasaran.

Yangang dimaksud dengan mainstream disini adalah arus utama, tempat di mana band-band yang bernaung di bawah mayor lebel, sebuah industri musik yang mapan. Band-band tersebut dipasarkan secara meluas yang coverage promosinya juga secara luas, nasional maupun internasional. Mereka mendominasi promosi di seluruh media massa, mulai dari media cetak, media elektronik hingga multimedia dan mereka terekspos dengan baik. Jadi jika berbicara kriteria dari mainstream dengan indie, itu lebih kepada industrinya, perbedaannya lebih kepada nilai investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan rekaman. Kalau masalah talenta, tidak ada yang memungkiri kalau band-band indie terkadang lebih bagus daripada band-band mainstream. Jadi di sini hanya masalah uang, karena industri musik berbasis kepada profit, jadi label menanamkan modal yang besar untuk mencari keuntungan yang lebih besar, ya, itu tadi pada nilai investasinya.

Sejarah Musik Band Indie

Tidak diketahui ssecara pasti, namun awalnya musik indie berasal dari kalangan musik underground di negara Inggris dan Amerika Serikat. Awal mulanya para musisi di lebel independen di dua negara tersebut kesulitan bersaing dengan lebel mayor yang lebih populer. Namun seiring berjalannya waktu ketika memasuki era Punk dan Rock lebel independen mulai banyak tumbuh dan dikenal. 

Tangga lagu untuk musik indie mulai diperkenalkan yaitu Pada era tahun 1980an. Pada era tersebut mulau banyak band indie yang bermunculan, misalnya seperti The Smith dan Joy Division. Kemudian di era 90an, Nirvana dan Radiohead juga mulai menyebarkan virus indie ke berbagai negara di belahan dunia dengan musik-musik mereka yang unik namun enak masih enak untuk didengarkan. Selain itu, Ternyata Radiohead juga pernah menggegerkan belantika musik dengan merilis album indie dengan sistem pay-what-you-like dimana para pembeli bisa bebas membayar. berapapun untuk membeli karya lagu di album mereka.

0 komentar:

Poskan Komentar